Jumat, 07 Januari 2011

ISD sebagai salah satu MKDU


ISD Sebagai salah satu MKDU


Tujuan pendidikan tinggi diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 adalah sebagai berikut:
  1. Menyiiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengemangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan teknologi dan/atau kesenian.
  2. Mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Perguruan tinggi diharapkan dapat menciptakan sarjana-sarjana yang memiliki 3 kemampuan yaitu  :
  1. Kemapuan personal adalah kemampuan kepribadian. Dengan kemapuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap, tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia. Memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan dan kenegaraan (pancasila), serta memiliki pandangan luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.
  2. Kemampuan akademik adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis, menguasai peralatan analisa, mampu berfikir logis, kritis sistematis, dan analitis. Memiliki kemampuan konsepsional untuk mengindetifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi serta mampu menawarkan alternatif pemecahannya.
  3. Kemampuan profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya, agar jumlah penduduk yang besar ini benar-benar bisa menjadi modal pembangunan , sumber daya manusia yang dimiliki benar-benar sumber daya yang handal dan menjadi subyek untuk kemajuan peradaban damana memilki kesadaran untuk membangun negara dan bangsa.
Untuk menciptakan sarjana yang memiliki kemampuan personal maka di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta diberikan mata kuliah dasar umum seperti ISD (Ilmu Sosial Dasar). Ilmu social dasar adalah ilmu yang mengajarkan bagaimana cara seseorang menghadapi lingkungan , masalah-masalha social dan cara berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Dengan adanya mata kuliah ISD diharapkan sarjana yang dihasilkan tidak hanya ahli dalam ilmu keahliannya saja , tetapi juga bisa mengaplikasikan ilmu keahliannya di masyarakat sehingga dapat berguna bagi masyarakat di sekitarnya. Untuk melakukan itu semua maka perlu kesiapan, salah satu persiapannya adalah dengan memberikan mata kuliah ISD kepada mahasiswa.


.. Pengertian ISD:
Ilmu sosial dasar adalah suatu program pelajran baru yang dikembangkan di Perguruan Tinggi.
Pengembangan Ilmu Sosial Dasar ini sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaharuan sistem pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatf.
Ilmu-ilmu Sosial Dasar (ISD) Adalah Ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
Seperangkat konsep-konsep dasar dan pengetahuan dasar ilmu-ilmu sosial secara interdisplin atau multidisiplin dipergunakan sebagai alat bagi pendekatan dan pemecahan problema-problema yang timbul dan berkembang dalam masyarakat.
ISD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial kepada mahasiswa, yang diharapkan akan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat.
Berdasarkan pengetahuan yang didapat melalui ISD, diharapkan para mahasiswa akan mampu menyesuaikan diri berkat penghayatan akan arah perkembangan dalam masyarakat. Setelah menyesuaikan diri secara mantap, paling tidak ia mampu mengetahui ke arah mana pemecahan jalan keluar suatu permasalahan itu harus ditempuh. Masalah-masalah sosial yang berkembang sedemikian kompleks, baik yang bersifat lokal, regional, nasional maupun internasional seperti pengangguran, urbanisasi, penyelundupan dan kriminalitas, kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika.

..Masalah sosial
Kehidupan manusia sebagai mahluk sosial selalu dihadapkan kepada masalah sosial yang tidak dapat dipisahkan dalah kehudupan. Masalah sosial ini timbul sebagai akibat dari hubungannya dengan sesama manusia lainnya dan akibat tingkah lakunya.masalah sosial ini idaklah sama antara masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya karena adanya perbedaan dalam tingkat perkembangan kebudayaannya, serta sifat kependudukannya, dan keadaan lingkungan alamnya. Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.



Contoh Masalah Sosial:
1. Masalah-masalah kependudukan
2. Tindak Kejahatan
3. Masalah Sampah
4. Pencemaran Lingkungan
5. Kebakaran
6. Rusaknya fasilitas umum
7. Penyalah gunaan narkoba dan alkohol
8. Kelangkaan barang kebutuhan
9. Kemiskinan
10. Pengangguran










Tidak ada komentar:

Posting Komentar