Senin, 10 Januari 2011

Penduduk , Masyarakat dan Kebudayaan


Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan

·       Penduduk
Penduduk adalah mereka yang bertempat tinggal atau berdomisili di dalam suatu wilayah negara (menetap). Biasanya, penduduk adalah mereka yang lahir secara turun-temurun dan besar di dalam suatu negara.
·        Pertumbuhan Penduduk
o    Fertilitas (Kelahiran)
Fertilitas sebagai istilah demografi diartikan sebagai hasil reproduksi yang nyata dari seorang wanita atau sekelompok wanita. Dengan kata lain fertilitas ini menyangkut banyaknya bayi yang lahir hidup. Natalitas mempunyai arti yang sama dengan fertilitas hanya berbeda ruang lingkupnya. Fertilitas menyangkut peranan kelahiran pada perubahan penduduk sedangkan natalitas mencakup peranan kelahiran pada perubahan penduduk dan reproduksi manusia.
o   Mortalitas (Kematian)
Mortalitas atau kematian merupakan salah satu di antara tiga komponen demografi yang dapat mempengaruhi perubahan penduduk. Informasi tentang kematian penting, tidak saja bagi pemerintah melainkan juga bagi pihak swasta, yang terutama berkecimpung dalam bidang ekonomi dan kesehatan. Mati adalah keadaan menghilangnya semua tanda – tanda kehidupan secara permanen, yang bisa terjadi setiap saat setelah kelahiran hidup.
Data kematian sangat diperlukan antara lain untuk proyeksi penduduk guna perancangan pembangunan. Misalnya, perencanaan fasilitas perumahan, fasilitas pendidikan, dan jasa – jasa lainnya untuk kepentingan masyarakat. Data kematian juga diperlukan untuk kepentingan evaluasi terhadap program – program kebijakan penduduk.

o   Migrasi
Migrasi merupakan salah satu faktor dasar yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk. Peninjauan migrasi secara regional sangat penting untuk ditelaah secara khusus mengingat adanya densitas (kepadatan) dan distribusi penduduk yang tidak merata, adanya faktor–faktor pendorong dan penarik bagi orang–orang untuk melakukan migrasi, di pihak lain, komunikasi termasuk transportasi semakin lancar. 
Migrasi adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melampaui batas politik/negara atau pun batas administratif/batas bagian dalam suatu negara. Jadi migrasi sering diartikan sebagai perpindahan yang relatif permanen dari suatu daerah ke daerah lain. Migrasi antar bangsa (migrasi internasional) tidak begitu berpengaruh dalam menambah atau mengurangi jumlah penduduk suatu negara kecuali di beberapa negara tertentu yang berkenaan dengan pengungsian, akibat dari bencana baik alam maupun perang. Pada umumnya orang yang datang dan pergi antarnegara boleh dikatakan berimbang saja jumlahnya. Peraturan – peraturan atau undang – undang yang dibuat oleh banyak negara umumnya sangat sulit dan ketat bagi seseorang untuk bisa menjadi warga negara atau menetap secara permanen di suatu negara lain.

·         Permasalahan yang muncul
Akibat tingginya laju pertambahan jumlah penduduk di dunia , maka masalah yang paling pertama munul adalah kekurangan bahan pangan. Hal ini terjadi karena setiap manusia pasti memerlukan makan . sehingga semakin banyaknya jumlah penduduk maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang dibutuhkan . persoalannya adalah lama-kelamaan sumber daya pangan yang ada di bumi ini akan semakin berkurang , karena kebutuhan manusia yang semakin meningka. Selain kekurangan bahan pangan , masalah lainnya adalah pengangguran dan kemiskinan. Akibat dari sedikitnya lapangan kerja dan pertumbuhan penduduk yang sangat tajam , hal ini menjadi tidak seimabng. Sehingga banyak penduduk yang tidak memiliki pekerjaan dan akhirnya kemiskinan merajalela. Akibat kemiskinan tersebut maka akan muncul masalah baru yaitu maraknya masalah kejahatan . karena himpitan ekonomi yang dirasakan , akhirnya mereka melakukan kejahataan seperti mencopet , maling dan penjarahan . Hal ini membuat kehidupan semakin tidak nyaman dan menambah permasalahan bagi pemerintahan Negara tersebut.


·         Solusi mencegah pertumbuhan penduduk
Pemerintah Indonesia saat ini telah membuat satu program untuk mencegah pertumbuhan penduduk dengan memperkenalkan program Keluarga Berencana (KB). Program ini diharapkan bisa membantu mencegah pertumbuhan penduduk yang terjadi saat ini . pada zaman dahulu ada mitos yang mengatakan bahwa “semakin banyak anak , semakin banyak rezeki “ ini juga merupakan salah satu penyebab meningjkatnya pertumbuhan penduduk. Di zaman sekarang , diharapkan kita dapat melupakan mitos tersebut , karena pada kenyataannya semakin banyak anak , makan semakin banyak pula kebutuhan yang akan dikeluarkan dan membuat beban semakin besar. Tingkat pendidikan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan penduduk , hal ini terbukti bahwa orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan yang rendah justru memiliki banyak anak sedangkan orang yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi hanya memiliki anak sedikit . hal ini menunjukan bahwa tingkat pendidikan juga bisa mengurangi pertumbuhan penduduk saat ini .



·       Masyarakat

Masyarakat adalah suatu kesatuan kehidupan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya. Tekanannya disini terletak pada adanya pranata sosial, tanpa pranata sosial kehidupan bersama didalam masyarakat tidak mungkin dilakukan secara teratur. Pranata sosial disini dimaksudkan sebagai perangkat peraturan yang mengatur peranan serta hubungan antar anggota masyarakat, baik secara perseorangan maupun secara kelompok.

·   Pranata Sosial
Dr. Koentjaraningrat  membagi lembaga sosial/pranata-pranata kemasyarakatan menjadi 8 macam  yaitu :
1.     Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan atau domestic institutions
2.    Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup ( economic institutions)
3.    Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia (scientific institution)
4.    Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan pendidikan (educational institutions)
5.    Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah, menyatakan rasa keindahan dan rekreasi (aesthetic anda recreational institutions)
6.    Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan atau alam gaib (religius institutions)
7.    Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara (political institutios)
8.    Pranata yang bertujuan mengurus kebutuhan jasmaniah manusia (cosmetic institutions)


·       Kebudayaan
Budaya atau Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

·   Kebudayaan dan kepribadian
Berbagai penelitian antropologi budaya menunjukkan, bahwa terdapat korelasi diantara corak-corak kebudayaan dengan corak-corak kepribadian anggota-anggota masyarakat, secara garis besar. Opini umum juga menyatakan bahwa kebudayaan suatu bangsa adalah cermin dari kepribadian bangsa yang bersangkutan. Kalau begitu pada sisi mana kebudayaan dapat memberi pengaruh terhadap suatu kepribadian ? jawabnya kita melihat dari sikap pemilik kebudayaan itu sendiri. Ketika pemilik kebudyaan itua menganggap bahwa segala sesuatu yang terangklum dan terlebur dalam segala materi kebudayaan itu sebagai sesuatu yang logis, normal, serasi, dan selaras dengan kodrat alam dan tabiat asasi  manusia dan sebagainya. setiap masayrakat mempunyai sistem nilai dan sistem kaidah sebagai konkretisasinya. Nilai dan sistem kaidah berisikan harapan-harapan masyarakat, perihal perilaku yang pantas. suatu kaidah misalnya kaidah hukum memberikan batas-batas pada perilaku seseorang. batas-batas tersebut menjadi suatau ”aturan permainan” dalam pergaulan hidup.
Sebaliknya segala yang berbeda dari corak kebudayaan mereka, dianggap rendah, aneh, kurang susila, bertentagnan degnan kodrat alam, dan sebagainya.
Contohnya : Di Indonesia , pada umumnya jika ada seorang yang berjalan di depan orang yang lebih tua tanpa memberikan salam atau ucapan permisi , maka orang tersebut akan dianggap tidak memiliki etika. Sedangakan di negara lain mungkin tindakan seperti itu biasa-biasa saja. Hal ini karena setiap negara memiliki kebudayaan yang berbeda, dan kebudayaan itu mencerminkan kepribadian negara tersebut.sifat-sifat kepribadian yang berakar dari adat istiadat dan ajaran agama pada suatu kelompok masyarakat dapat dikukuhkan sebagai hukum adat



·       Hubungan antara Penduduk , Masyarakat dan Kebudayaan
masyarakat dan kebudayaan adalah konsep-konsep yang pertautannya satu sama lain sangat berdekatan. Bermukimnya penduduk dalam suatu wilayah tertentu dalam waktu yang tertentu pula, memungkinkan untuk terbentuknya masyarakat di wilayah tersebut. Ini berarti masyarakat akan terbentuk bila ada penduduknya sehinggat idak mungkin akan ada masyarakat tanpa penduduk, masyarakat terbentuk karena penduduk. Sudah barang tentu penduduk disini yang dimaksud adalah kelompok manusia, bukan penduduk/populai dalam pengertian umum yang mengandung arti kelompok organisme yang sejenis yang hidup dan berkembang biak pada suatu daerah tertentu. Demikian pula hubungan antara masyarakat dan kebudayaan, ini merupakan dwi tunggal, hubungan dua yang satu dalam arti bahwa kebudayaan merukan hasil dari suatu masyarakat, kebudayaan hanya akan bisa lahir, tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Tetapi juga sebaliknya tidak ada suatu masyarakat yang tidak didukung oleh kebudayaan. Hubungan antara masyarakat dan kebudayaan  inipun merupakan juga hubungan yang saling menentukan









 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar